Kesempatan Indonesia di Revolusi Digital

0
Kesempatan Indonesia di Revolusi Digital

 

 

 

 

Miriamfortexas.com – Revolusi industri 4.0 didepan mata dan menimbulkan permasalahan serta kesempatan baru. Presiden Jokowi di berbagai kesempatan selalu mengingatkan pentingnya Indonesia untuk mempersiapkan generasi baru untuk menyambut revolusi digital itu. Pemerintahan Jokowi juga sudah mengeluarkan peta jalan untuk industri Indonesia dengan fokus pada lima sektor.

“Kita juga harus manfaatkan peluang atau aset yang ada untuk memaksimalkan peluang,” ungkap Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko pada orasi ilmiah dengan tema Menjaga Kedaulatan Bangsa di Tengah Tantangan dan Peluang Revolusi Industri 4.0 di Wisuda Universitas Terbuka Tahun 2018 di Balai Sidang Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Selasa, 3 Juli 2018.

Pada tahun 2045, Indonesia akan berhadapan dengan tantangan dari risiko pasar finansial global yang termasuk penjualan mobil akan berhenti, komunikasi akan bebas biaya, mobil dibuat dari baja daur ulang, industri baja akan menurun, mobil listrik dengan 18 komponen akan semakin populer di pasar sehingga produksi mobil BBM terancam.

Untuk menanggapi tantangan global tersebut, yang harus dilakukan pertama yakni mengeliminasi masalah yang dapat menjadi penghambat kemajuan bangsa. Isu intoleransi harus dipadamkan dengan menghilangkan perbedaan.

“Siapkah Indonesia memanfaatkan peluang digitalisasi? Akankah kedaulatan bangsa terjaga? Apa yang perlu kita siapkan mulai hari ini?” kata Moeldoko.

“Yang dilakukan untuk menghadapi tantangan itu kolaborasi antara pemerintah-masyarakat-pelaku-usaha,” dia menambahakan.

Moeldoko menyigung infrastruktur yang didirikan oleh pemerintahan Joko Widodo sebagai aset untuk mempersatukan bangsa yang meningkatkan konektivitas antar daerah di Indonesia.

“Kita optimis merubah tantangan menjadi sebuah peluang. Jadikan keberagaman dan keunikan menjadi sebuah aset untuk kemajuan bangsa,” kata Moeldoko.

LEAVE A REPLY