Keamanan Interner Jadi tanggung Jawab BSSN

0
Keamanan Interner Jadi tanggung Jawab BSSN

 

 

 

 

Miriamfortexas.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tengah dalam masa peralihan untuk memindahkan semual perihal yang berhubungan dengan keamanan internet terhadap Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN). Dokumentasi dan standarisasi terkait dengan beragam sektor keamanan siber tengah pada masa peralihan ke BSSN.

BSSN dibuat sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 133 Tahun 2017 mengenai Perubahan atas Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN. Peraturan Presiden tersebut telah disetujui oleh Presiden Jokowi dan ditanda tangani pada 16 Desember 2017 lalu. Lembaga yang diketuai oleh Djoko Setiadi ini ditugaskan untuk menemukan dan mencegah adanya kejahatan iber dengan melindungi kemanan dengan efektif dan efisien.

Sebelumnya Indonesia Security Incident Response Team on Internet and Infrastructure (Id-SIRTII) yang ada dibawah wewenang Kemkominfo juga akan dicampurkan menjadi bagian BSSN.

“Soal keamanan sudah dipindahkan ke BSSN, sekarang masih dalam masa transisi. Namun, Mei tahun ini sudah harus pindah semua. Id-SIRTII yang diampu oleh Kemkominfo secara bertahap juga harus pindah, sehingga kita selalu bisa terhindar dari kemungkinan insiden keamanan (di internet),” kata Rudiantara, Rabu (11/1/2018).

Semua perabotan mengenai keamanan siber di KemKominfo juga akan dipindah ke BSSN. Sehingga Kemkominfo tengah mempersiapkan beragamk dokumen dan strandar untuk sejumlah sektor yang penting. Yang menjadi prioritas utama yakni pada sektor keuangan perbankan.

“Prioritas nomor satu adalah keuangan perbankan, Kemkominfo sudah menyiapkan dokumennya. Nanti ini kita serahkan ke BSSN untuk diimplementasikan,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY