Telkom Targetkan Pemulihan Selesai Pada 12 September

0
Telkom Targetkan Pemulihan Selesai Pada 12 September

 

 

Miriamfortexas.com – Semenjak satelit Telkom 1 mengalami ketaknormalan mulai akhir pekan lalu, pihak Telkom terus mengusahakan percepatan pemulihan terhadap pelanggannya. Perusahaan milik negara itu telah menghimpun lebih dari 1.000 teknisi TelkomGroup di Indonesia.

Dan hasilnya, Telkom sudah melakukan recovery pelayanan sesuai dengan apa yang telah diagendakan. Setelah dimulainya proses recovery, realisasi re[pointing antena ground segment sampai kemarin malam sudah melebihi 100% dari target kumulatif harian.

Pada laporan resmi, total site yang sudah sukses dipulihkan sejumlah 5.912 yang dari total keseluruhan site terdiri dari 5.359 very Small Aperture Terminal (VSAT) yang lebih banyak digunakan untuk layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Untuk diketahui, satu site VSAT ATM dapat memberi fasilitas hingga lebih dari satu mesin ATM dan berdasarkan oerhitungan terbaru, kecepatan recovery sudah mencapai 1.200 site per harinya. Alasannya, pihak Telkom sendiri menginginkan semua proses pemulihan tersebut dapat selesai tepat waktu.

Sebelumnya, Telkom juga sudah menyelesaikan perpindahan semua transponder pelanggan satelit Telkom 1, dan pelanggan-pelanggan tersebut dipindahkan ke transponder satelit Telkom 2, satelit Telkom 3S, serta satelit lainnya

Sebagai informasi, minggu lalu telah terjadi anomali pada satelit milik Telkom dan efek dari anomali tersebut, pointing antena satelit Telkom 1 bergeser hingga seluruh layanan transponder satelit bermasalah.

Dan informasi terbaru, satelit tersebut dikabarkan sudah hancur lebur. Dikutip dari Ars Technica, kabar tersebut dari bidikan ExoAnalytic mengenai material yang disuga merupakan panel surya, bahan bakar atau puing yang lainnya.

LEAVE A REPLY